Iklan

Iklan

,

Iklan

SMRC Akui Data Survei Beredar, Ini Pernyataan Resminya

Redaksi
Sabtu, 13 Juli 2024, 12.47.00 WIB Last Updated 2024-07-13T05:47:39Z

SOPPENG, Nasionalkini.com - Lembaga Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait elektabilitas calon bupati yang akan bertarung dalam kontestasi politik di Kabupaten Soppeng

Dalam rilis resmi SMRC jelang Pilkada Soppeng. Menyampaikan terkait Hasil Survey yang dikirim ke sejumlah media, Jumat, 12 Juli 2024, SMRC mengakui melakukan survey di Soppeng pasa medio Mei 2024. "Hasilnya memang belum kami rilis resmi dan baru kali ini kami sampaikan," terang Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani.

Deni menjelaskan bahwa mayoritas pemilih di Soppeng, 65%, baru akan menentukan pilihan ketika waktu pilkada sudah dekat, yakni beberapa minggu sampai hari–H pemilihan. Yang mengaku sudah menentukan pilihan beberapa bulan/lebih dari setahun sebelum hari-H ada 32%, dan yang tidak menjawab hanya 2%. 
 

Deni juga menjelaskan SMRC sudah memetakan kekuatan elektoral calon-calon yang kemungkinan akan berpasangan dalam Pilkada Soppeng mendatang.

Lanjut Deni, pengukuran terhadap kemungkinan figur A dan B untuk berpasangan sudah dilakukan pada survei kali ini, hal itu untuk memetakan peluang para kandidat mengukur kekuatan elektoral calon bupati dan calon wakil bupati sekarang ini (jika seandainya mereka berpasangan dan pilkada dilaksanakan saat ini). 


Dalam simulasi pasangan calon, jika pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng dilaksanakan ketika survei diadakan (21-29 Mei 2024), pasangan Suwardi Haseng – Selle KS Dalle unggul 35%, Andi Mapparemma – Andi Adawiah 24.7%, dan pasangan Luthfi Halide – Andi Muh Farid Kaswadi 19.6%. Responden yang menjawab tidak tahu 20.7%.

 
Jika mengerucut hanya dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan berkontestasi di Pilkada Soppeng, maka pasangan Suwardi Haseng – Selle KS Dalle mendapatkan dukungan 44% dan Andi Mapparemma – Andi Adawiah 30.7%, dan responden yang menjawab tidak tahu 24.9%. ”Dalam simulasi pasangan jika diikuti tiga atau dua pasangan calon, maka semakin sedikit pasangan calon dapat berpengaruh kepada penguatan dukungan masing-masing pasangan yang ikut dalam kontestasi pilkada Soppeng mendatang ”, kata Deni.

Hasil itu tak berbeda atau mirip dengan hasil survey yang bocor ke publik dalam beberapa hari ini, beber dia

Tentang metodologi
Survey. Sampel digunakan sebanyak 810 responden dipilih secaa acak dengan metode stratified multistage random sampling dengan jumlah proporsional dari populasi tersebut. Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan ±3.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Wawancara survei dilakukan pada 21 – 29 Mei 2024, sambung Deni

Sementara di survey perorangan, Andi Mapparema dan Suwardi Haseng mendapatkan dukungan teratas pada simulasi pilihan terbuka, jarak keduanya sangat tipis yaitu hanya 1.1%. 

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani menjelaskan bahwa dalam simulasi pilihan terbuka responden diberikan pertanyaan seandainya pemilihan Bupati Soppeng dilaksanakan hari ini tanpa diberitahukan nama-nama pilihan calon bupati, Andi Mapparemma mendapatkan dukungan 11.9% dan Suwardi Haseng 10.8%, Samsu Niang 4.8%, Luthfi Halide 4.1 persen, Syahruddin M. Adam, 4.0 persen, nama lainnya di bawah 4.0% dan masih cukup besar responden yang belum menjawab sekitar 56.7%.
 

Sementafa itu dalam simulasi pilihan semi terbuka untuk calon wakil bupati, responden diberikan pertanyaan siapakah calon wakil bupati yang paling pantas mendampingi calon bupati pilihan responden. Selle KS Dalle mendapat dukungan teratas 15.1%, Andi Mapparemma 14.7%, Andi Muh Ikram Kaswadi 9.2% dan Luthfi Halide 8.2%, dan nama lainnya masih dibawah 8.0%, responden yang menjawab tidak tahu sekitar 27.7%. 
(***)